Selasa, 21 Oktober 2014

Promotion Mix

Promotion mix atau bauran promosi adalah kombinasi strategi promosi yang bertujuan untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan. Promotion mix terdiri dari sales promotion, personal selling, publicity, advertising, dan direct marketing.

1. Sales Promotion
Sales promotion adalah salah satu bentuk promosi untuk meningkatkan penjualan yang dilakukan dengan memberikan discount, harga paket, undian atau kupon, dan lain-lain. Contohnya seperti salah satu produk mentega yang menawarkan harga paket yakni jika membeli tiga buah margarin sekaligus, maka harga satuannya terhitung lebih murah dibandingkan jika hanya membeli satu margarin saja.

2. Personal Selling
Strategi promosi ini dilakukan dengan cara bertemu langsung dengan konsumen untuk menawarkan suatu produk, membina hubungan baik dengan konsumen secara personal dan profesional, dan secara berkala mengunjungi konsumen tersebut agar memahami karakteristik konsumen tersebut.
Tujuan personal selling menurut Philip Kotler ( 2007 : 305 ) adalah sebagai berikut:

-Mencari calon; melakukan pencarian calon pembeli atau petunjuk.
-Menetapkan sasaran; memutuskan bagaimana mengalokasikan waktu mereka diantara calon dan pelanggan.
-Berkomunikasi; mengkomunikasikan informasi tentang produk dan jasa perusahaan tersebut.
-Menjual; mendekati, melakukan presentasi, menjawab keberatan-keberatan, dan menutup penjualan.
-Melayani; menyediakan berbagai layanan kepada pelanggan, memberikan konsultasi tentang masalah, memberikan bantuan teknis, merencanakan pembiayaan, dan melakukan pengiriman.
-Mengumpulkan informasi; melakukan riset pasar dan melaksanakan tugas intelejen.
-Mengalokasikan; memutuskan pelanggan mana akan memperoleh produk tidak mencukupi selama masa-masa kekurangan produk.

Keunggulan personal selling adalah pesan yang disampaikan dari penjual lebih tersampaikan, lebih membujuk, lebih memperoleh perhatian penuh dan feedback dapat langsung disampaikan, 

3. Publicity
Publisitas atau dapat disebut juga dengan Public Relation adalah salah satu strategi promosi yang dilakukan semata-mata bukan untung mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan banyak penjualan, melainkan lebih terfokus pada citra perusahaan tersebut. Contoh bentuk nyata dari PR adalah dengan menjadikan perusahaan tersebut sebagai sponsor dalam acara sosial, mengadakan event yang sepenuhnya disponsori oleh perusahaan itu, dan berbagai macam kegiatan yang dapat menghasilkan dan menanamkan citra positif dalam pandangan konsumen.

4. Advertising
Bentuk promosi lain adalah advertising, yakni mengiklankan suatu produk melalui media massa yang sifatnya berbayar. Tujuannya untuk menyebarkan segala informasi yang berhubungan dengan produk kepada banyak orang sekaligus. Contohnya adalah iklan berbagai jenis kuliner di televisi dengan durasi tertentu, atau iklan yang tercantum di surat kabar maupun majalah.

5. Direct Marketing
Strategi promosi yang terakhir adalah direct marketing yaitu pemasaran yang dilakukan dengan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan langsung pada konsumen melalui direct mail, interactive TV, telemarketing, dan lain-lain yang tujuannya untuk mendapatkan respon dari konsumen. Contohnya, sering kali kita menerima panggilan telepon yang berisi penawaran akan suatu produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar